Berita Bola – Bima Sakti Siap Jawab Keraguan Publik Bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2018

Berita Bola – Bima Sakti tak menampik adanya bebab terkait tugasnya sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Namun, Bima Sakti siap menjawab keraguan publik yang muncul di balik penunjukkannya itu

PSSI melakukan pertaruhan besar dengan menunjuk Bima Sakti sebagai pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Latar belakang Bima Sakti yang belum pernah menjabat sebagai pelatih kepala menjadi persoalannya.

Sepanjang kariernya, Bima Sakti hanya sebatas asisten pelatih yakni bersama Persiba Balikpapan dan juga bersama Luis Milla di Timnas Indonesia. Hal inilah yang sempat membuat publik ragu terhadap Bima Sakti di tengah target yang diusung terlalu tinggi yakni juara Piala AFF 2018.

“Beban pasti ada ya karena mungkin orang berpikir saya belum ada pengalaman. Akan tetapi, saya akan berjuang bersama-sama dengan staf pelatih, ofisial, kemudian pemain yang mungkin mereka punya tanggung jawab besar di Piala AFF nanti,” kata Bima Sakti dalam wawancara eksklusif.

“Soal saya dibilang belum punya pengalaman melatih tim, ya ini waktunya mepet, game plan sudah terbentuk sejak Asian Games kemarin, mungkin jadi pertimbangan PSSI kalau ganti pelatih akan mengubah cara permainan lagi,” ujar Bima Sakti.

Pelatih timnas senior Indonesia Bima Sakti memanggil 23 pemain yang akan disiapkan menghadapi Piala AFF 2018. Bima memadukan skuat U-23 yang tampil di Asian Games 2018 lalu dengan sejumlah pemain senior, minus Irfan Bachdim.

Sejumlah pemain senior yang dipanggil Bima antara lain, penjaga gawang Persija Jakarta  Andritany Ardhiyasa dan Muhammad Ridho (Borneo FC). Sedangkan di posisi bek ada Fachruddin Aryanto (Madura United), Rizki Pora (Barito Putera).

Di lini tengah, lebih banyak pemain senior yang dipanggil, antara lain Bayu Pradana (Mitra Kukar), Riko Simanjuntak (Persija), dan Stefano Lilipaly (Bali United). Sedangkan Irfan Bachdim yang saat ingin tampil membela timnas, tidak masuk skema Bima. Di ujung tombak, hanya dua pemain yang dipanggil, yakni Dedik Setiawan (Arema FC) dan pemain naturalisasi Alberto Goncalves (Sriwijaya FC).

Barisan pemain muda seperti trio Bhayangkara FC Awan Setho, M Hargianto, Putu Gede, Evan Dimas (Selangor FA), Zulfiandi (Sriwijaya FC), serta duo Barito Putera Hansamu Yama dan Gavin Kwan mendapat tempat di skuat Bima Sakti. Begitupun Saddil Ramdani (Persela) yang baru saja membela Indonesia di Piala AFC U-19.

Training camp (TC) timnas Piala AFF 2018 dipusatkan di Cikarang, Kabupaten Bekasi, mulai 1 November. Ini merupakan TC teralhir yang dilaksanakn hingga menjelang Pial AFF 2018 digelar 8 November-15 Desember 2018. 

Indonesia berada di Grup B bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Singapura, dan Timor Leste, dan memulai laga pembuka melawan tuan rumah Singapura pada 9 November 2018. “Kami memanggil 23 pemain pada TC terakhir timnas Indonesia di Cikarang. Pemain akan berkumpul pada 1 November dan besoknya langsung menggelar latihan,” kata Bima Sakti dilansir laman resmi PSSI, Selasa (30/10/2018).

“Dari 23 pemain yang dipanggil merupakan skuat kombinasi antara pemain usia 23 yang bermain di Asian Games 2018 dengan para pemain senior. Perpaduan ini telah kami coba saat melakoni tiga laga uji coba internasional melawan Mauritius, Myanmar, dan Hongkong,” imbuh pelatih berusia 42 tahun tersebut.

Dari 23 pemain yang mengikuti TC, klub Bhayangkara FC dan Barito Putera penyumbang pemain terbanyak masing-masing tiga pemain. Sedangkan Persija Jakarta, Bali United, Mitra Kukar, Sriwijaya FC, Madura United, masing-masing dua pemain.